CARA MENGAPLIKASIKAN CAT EPOXY LANTAI DI PABRIK

Gambaran Umum Tentang Epoxy Lantai

Epoxy lantai merupakan salah satu metode pelapisan lantai dengan menggunakan dua bahan komponen yang terdiri dari resin epoxy dan penguat poliamina yang disebut cat epoxy. Cat epoxy ini memiliki karakter seperti cat pada umumnya, yaknik cairan yang akan mengeras dalam beberapa waktu. Jika sudah mengeras cat epoxy tidak kalah kuatnya dengan keramik dan marmer. Dengan karakteristiknya yang berupa cairan itu, cat epoxy mudah diaplikasikan disegala medan, baik itu lantai baru maupun lantai lama yang sudah dipasang beberapa alat berat diatasnya.

cat epoxy lantai pabrik
cat epoxy lantai pabrik

Kenapa Perlu Menggunakan Cat Epoxy di Pabrik

Cat epoxy memiliki ketahan abrasi yang kuat, sehingga masa pakainya lebih lama dibandingkan keramik. Selain itu permukaan yang homogen memudahkan kegiatan mobiliasi di dalam pabrik. Kelebihan lainnya yang dimiliki cat epoxy adalah tahan paparan bahan kimia. Saat ini beberapa jenis pabrik seperti pabrik makanan dan obat-obatan diwajibkan memiliki lantai kerja yang tahan bahan kimia. Karena itu cat ini sangat cocok digunakan sebagai pelapis lantai di dalam pabrik.

Cat epoxy memiliki banyak jenis, ada cat epoxy anti-slip yang cocok untuk area lantai kerja yang basah dan beresiko terjadinya slip. Cat jenis ini dapat mengingkatkan gaya gesek permukaan lantai sehingga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan kerja akibat slip. Kemudian ada juga jenis cat epoxy anti gores. Jenis ini sangat cocok untuk area gudang dan lahan parkir. Karakteristiknya yang tahan dari goresan membuatnya sangat cocok berada di area yang sering terlewati oleh alat-alat berat. Jenis lainya ada cat epoxy Anti-static epoxy floors (ESD Resistant Floors). Seperti arti namanya, anti static adalah sistem pelapis pada lantai yang pengaplikasiannya khusus untuk lingkungan-lingkungan industri atau pabrik yang berpotensi memicu arus listrik statis.

Dan masih banyak lagi jenis cat epoxy yang dapat anda lihat pada artikel kami di : CAT EPOXY LANTAI, AGAR LANTAI ANDA LEBIH CANTIK DIBANDINGKAN KERAMIK

Spesifikasi Cat Epoxy Yang untuk Pabrik

Secara umum spesifikasi lantai epoxy harus kuat menahan beban di atasnya, tahan lama, tahan bahan kimia dan tidak menyerap air. Namun secara khusus setiap perusahaan mempunyai spesifikasi yang berbeda sesuai dengan bidang pekerjaan dan kegunaan lantainya.

Seperti contoh, pada pabrik makanan atau seafood yang pada umumnya terdapat tetesan atau genangan air. Cat epoxy yang cocok untuk kondisi tersebut adalah cat epoxy anti-slip. Karena dapat mencegah terjadinya slip. Lalu untuk pabrik yang terdapat banyak mesin yang berpotensi terjadinya kecelakaan kerja akibat aliran listrik pada lantai, maka perlu menggunakan cat epoxy anti-static. Untuk ketebalan cat, tergantung dari keinginan owner dan kondisi lantainya. Anda bisa menggunakan lapisan epoxy mulai dari 300 micron sampai 3000 micron.

Tahapan Pengaplikasian Cat Epoxy di Pabrik

1.      Pengosongan area

Pengosongan area ini agar tidak ada benda-benda yang menggangu proses pemasangan cat epoxy .

2.      Grinding

Grinding bertujuan untuk meratakan permukaan lantai dan juga membuka pori-pori lantai agar cat epoxy dapat menempel dengan kuat.

3.      Aplikasi epoxy plamir

Epoxy plamir befungsi untuk meratakan dan menutup celah ataupun retakan pada lantai beton. Biasanya plamir yang di gunakan oleh para jasa epoxy lantai adalah campuran resin dengan talk dan kalsium. Campuran tersebut di aplikasikan di atas lantai beton secara merata dengan raskam ataupun kape scrap sampai permukaan lantai benar-benar rata.

4.      Grinding

Tujuan grinding adalah membuat permukaan lantai yang sudah terplamir menjadi lebih rata dan halus. Sehingga ketika pengaplikasian cat epoxy primer di atasnya menghasilkan lapisan yang rata.

5.      Epoxy primer

Cat epoxy primer bertujuan untuk membuat lapisan keras dan membentuk ketebalan. Cat epoxy primer ini akan masuk ke dalam pori-pori lantai sehingga cat ini dapat menempel dengan kuat. Cara aplikasinya dapat menggunakan raskam dan cape.

6.      Epoxy top coat

Cat top coat bertujuan untuk memberikan keindahan pada lantai. Cat ini memiliki banyak pilihan warna yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan kita. Pengaplikasian cat ini dapat menggunakan raskam yang kemudian di ratakan dengan roll.

7.      Tambahan –tambahan untuk jenis cat epoxy khusus

Pada bagian tambahan ini, anda dapat menambahkan hammer tone untuk cat epoxy anti gores. Atau tambahan lainnya sesuai dengan jenis epoxy yang anda butuhkan.

cat epoxy lantai untuk pabrik
cat epoxy untuk pabrik

Perkiraan Harga Cat Epoxy Untuk Pabrik

Untuk harga cat tergantung dengan jenis cat, kualitas dan produsen cat. Penting sekali bagi anda untuk mencari cat epoxy yang sesuai dengan budget dan kebutuhan lapangan. Bagi anda yang tidak bisa mengaplikasikan cat epoxy, anda bisa menggunakan jasa aplikator cat epoxy. Salah satu aplikator cat epoxy terpercaya dengan kualitas terbaik adalah PT Intan Maju Berkarya. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam menangani proyek pelapisan lantai dengan cat epoxy. Untuk harga jasa pemasangan cat epoxy hitungannya ialah per m2-nya. Ketebalan, jenis cat, dan prosedur pengaplikasian cat mempengaruhi harga jasa yang ada. Hubungi kami untuk mengetahui detail harga untuk proyek anda.

Itu lah penjelasan dari kami mengenai cat epoxy lantai untuk pabrik. Semoga bermanfaat.

kunjungi website kami lainnya di http://epoxylantaijakarta.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.